Mendorong Tumbuh Kembang Perilaku Anak Usia 2 Tahun

Usia 2 tahun merupakan usia emas bagi perkembangan dan tumbuh kembang anak. Tak terkecuali tentang pertumbuhan perilaku pada anak yang harus didorong dan dirangsang supaya tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik.
Dengan panduan dan juga arahan dari orangtua maka anak bisa tumbuh menjadi seseorang dengan perilaku yang baik. Di usia 2 tahun, anak masih bisa sangat mudah untuk menerima setiap ajaran dari orangtuanya sehingga bisa diajarkan akan hal-hal yang baik dan berguna bagi dirinya kelak.

Berikut Cara Mendorong Tumbuh Kembang Perilaku Anak

  1. Libatkan Anak
    Jangan pernah ragu untuk selalu melibatkan anak dalam berbagai kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Jika memang aktivitas tersebut tidak membahayakan bagi anak dan sangat aman bagi anak, selalu melibatkan anak dalam berbagai hal menjadi satu bentuk untuk mendorong anak memiliki perilaku yang baik.
    Misalnya saja dengan mengajak anak menyiram tanaman, membersihkan rumah, mencuci buah ataupun kegiatan lainnya bisa mulai mengajak anak untuk ikut berpartisipasi. Kegiatan-kegiatan di luar rumah dan masih berada dilingkungan rumah juga bisa menjadi pilihan-pilihan kegiatan yang dipilih bersama dengan anak.
    Anak akan menjadi aktif dan mau untuk mencoba hal-hal yang baru. Hasil lainnya dengan mengajak anak dalam berbagai aktivitas ini adalah anak tidak akan merasa minder dan mau untuk beradaptasi dengan lingkungan social.
  2. Perhatikan Waktu Istirahat
    Rentan waktu anak untuk beristirahat juga berpengaruh dengan kondisi dan perkembangan tumbuh kembang perilaku anak. Terutama di usia yang masih 2 tahun dimana anak masih sangat membutuhkan waktu istirahat yang cukup. Anak harus dihindarkan dari rasa kelelahan karena hal ini akan mengganggu tumbuh kembangnya dan bisa menghambat perkembangan dan pertumbuhannya.
    Untuk anak yang masih berusia dibawah 5 tahun paling tidak membutuhkan waktu beristirahat 11 – 13 jam dalam sehari. Selalu berikan waktu yang cukup untuk anak demi mendapatkan pertumbuhan perilaku dan tumbuh kembang yang semakin baik dan maksimal lagi.
  3. Perhatikan Makanan Anak
    Asupan nutrisi pada anak juga harus menjadi satu hal yang penting. Tanpa kondisi yang baik dari dalam tubuh tentu tidak akan membuat anak menjadi lebih baik dalam berperilaku. Dengan kondisi anak yang sehat maka anak bisa menjadi lebih maksimal jika memang ingin berperilaku dengan baik.
    Berikan asupan makanan yang cukup dan juga seimbang mulai dari jenis vitamin, zat besi dan berbagai nutrisi lainnya. Selalu perhatikan juga makanan anak yang komplit dan selalu berganti seperti buah, sayur dan makanan sehat lainnya. Kadang jika makanan yang disajikan monoton bisa mengurangi nafsu makan anak. Ini tentu tidak baik juga untuk kesehatannya.
  4. Bacakan Dongeng dan Mengobrol
    Memberikan contoh secara langsung pada anak memang menjadi satu cara yang paling efektif untuk membuat anak bisa berperilaku sesuai dengan keinginan orangtua. Untuk lebih menginspirasi bagi anak berikan cerita-cerita yang memberikan nilai-nilai positif dari dongeng ataupun dengan memberikan nasihan secara langsung.
    Pilih dongeng yang memang mengandung pesan dan kesan yang baik. Nilai-nilai norma yang bagus dari setiap cerita tentunya akan membuat anak bisa menanamkannya pada diri yang kemudian membuat anak bisa meniru setiap perbuatan baik dan bagus yang disampaikan pada cerita dongeng yang didengarnya.
  5. Biarkan Anak Bermain
    Ketika anak bermain sebagai orangtua tentu akan merasa was-was ketika membiarkan anak secara bebas. Tetapi sebenarnya asalkan apa yang dilakukan anak itu baik dan tidak berbahaya justru akan menjadi satu cara untuk mendorong perilaku anak. Anak bisa belajar untuk mandiri, berani dan bersosialisasi dengan temannya.